Friday 15 November 2013

Lagi kes PATI Malaysia di Indonesia

Jakarta - Para pendatang haram sering mencari suaka ke negara lain kerana negaranya sedang terjebak dalam kancah perang atau konflik.  Ada juga ingin mencari kehidupan yang lebih baik. Namun, bagaimanakah jika alasan mereka nampak mengada - ngada?  Mencari ' rahsia alam ' misalnya ?

Adam , seorang pemuda yang ditahan di pusat tahanan imigresen ( Rudenim ) Tanjungpinang , Kepulauan Riau yang mengaku berkewarganegaraan Malaysia. Tanpa ada identiti, pasport dan keterangan lainnya , lelaki ini ditahan bersama ratusan warga asing lain dari pelbagai negara.

"Ini ada satu masalah lagi. Ada satu orang ngakunya orang Malaysia, tapi tak dapat tunjukkan dokumen. Saya curiga dia ini pekerja haram dari Indonesia yang mahu ke Malaysia," kata Karudenim Tanjungpinang Surya Pranata di pejabatnya , Jl Jend Ahmad Yani, Tanjungpinang , Kepulauan Riau , Kamis ( 14/11/2013 ) .
Ketika para wartawan menemui Adam , gerak -geri lelaki itu kelihatan ketakutan dan cenderung mengelak . Ketika ditanya, jawapannya tak jelas dan aneh.

"Tujuan you apa ke sini? " tanya salah satu wartawan.

" Cari rahsia alam ," jawab Adam dengan loghat Malaysia.

Para wartawan pun tergaru-garu  kepala mendengar jawapan Adam. Maksudnya itu tak difahami. - Detiknews


Jakarta - Para imigran ilegal seringkali mencari suaka ke negara lain karena negaranya sedang perang atau konflik. Tak jarang pula mereka ingin mencari kehidupan yang lebih baik. Namun, bagaimana jika alasan mereka terkesan mengada-ada? Seperti ingin mencari 'rahasia alam' misalnya?

Adalah Adam, seorang pemuda penghuni Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Pusat Tanjungpinang, Kepulauan Riau yang mengaku berkewarganegaraan Malaysia. Tanpa ada identitas, paspor dan surat-surat lainnya, pria ini bermukim di rudenim bersama ratusan WNA lain dari berbagai negara.

"Ini ada satu masalah lagi. Ada satu orang ngakunya orang Malaysia, tapi enggak bisa nunjukkin surat-surat. Saya curiga dia ini TKI pengen balik ke Malaysia," kata Karudenim Tanjungpinang Surya Pranata di kantornya, Jl Jend Ahmad Yani, Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Kamis (14/11/2013).

Saat para wartawan menemui Adam langsung, gerak-gerik pria itu tampak takut-takut dan cenderung menghindar. Ketika ditanya pun jawabannya tak terlalu jelas dan cenderung aneh.

"Tujuan you apa kesini?" tanya salah satu wartawan.

"Cari rahasia alam," jawab Adam dengan logat Malaysia.

Para wartawan pun garuk-garuk kepala mendengar jawaban nyeleneh Adam. Tak jelas apa maksudnya.

No comments: