Friday 15 November 2013

Tentera Indonesia hantar 4 pesawat bantu mangsa Taufan Haiyan di Filipina


Jakarta - Tentera Nasional Indonesia (TNI) menghantar 1 pesawatnya ke Filipina pada hari ini Jumaat ( 15/1/2013 ). Pesawat TNI itu dalam misi membantu pagihan bantuan kepada mangsa taufan Haiyan . Hingga kini  4 pesawat TNI sudah dihantar ke Filipina.

Pesawat yang dihantar TNI itu ialah pesawat Hercules C 130 dengan nombor pendaftaran pesawat A - 1323 , yang  ke Filipina hari ini , dirancang berada di sana sehingga 21 November 2013 , demikian jelas Pjs Kadispenum Puspen TNI , Letkol Caj Edyana Sulistiadie dalam kenyataan Pusat Penerangan TNI yang diterima hari ini .

Penghantaran pesawat ini sesuai dengan permintaan kerajaan Filipina kepada Indonesia , dalam membantu proses penyebaran bantuan dengan menggunakan pesawat Hercules milik TNI ke daerah yang dilanda taufan Haiyan , terutamanya di Tacloban . Hal ini juga sebagai bentuk keprihatinan kerajaan Indonesia kepada Filipina dan sebagai perpaduan sesama negara ASEAN.

Mengikut rancangan,  pesawat TNI akan dihantar lagi esok pagi. Pesawat tersebut akan berlepas dari Halim Perdanakusuma Indonesia dengan membawa bantuan dan beberapa orang wartawan Indonesia. Perjalanan menempuh menempuh laluan ke Balikpapan - Manado - Cebu Filipina.

Sebelumnya, TNI telah menghantar 3 pesawat hercules untuk membawa bantuan berupa makanan siap saji, ubat- ubatan , pakaian , generator dan selimut untuk mangsa bencana Taufan Haiyan  di Filipina.

Jumat, 15/11/2013 16:13 WIB

Lagi, TNI Kirim 1 Hercules ke Filipina Bantu Korban Topan Haiyan

Nograhany Widhi K - detikNews

Jakarta - TNI mengirimkan 1 pesawatnya ke Filipina pada hari Jumat (15/1/2013) ini. Pesawat TNI itu bermisi membantu pendistribusian bantuan topan Haiyan. Hingga kini sudah 4 pesawat TNI dikirimkan ke Filipina. 

Pesawat yang dikirimkan TNI itu adalah pesawat Hercules C 130 dengan nomor registrasi pesawat A-1323, yang mulai ke Filipina hari ini hingga direncanakan sampai 21 November 2013, demikian jelas Pjs Kadispenum Puspen TNI, Letkol Caj Edyana Sulistiadie dalam rilis Pusat Penerangan TNI yang diterima hari ini.

Pengiriman pesawat ini sesuai dengan permintaan pemerintah Filipina kepada pemerintah Indonesia, dalam rangka membantu proses menyebarkan bantuan dengan menggunakan pesawat Hercules milik TNI ke daerah terdampak topan Haiyan, utamanya Tacloban. Hal ini juga sebagai bentuk kepedulian pemerintah Indonesia kepada pemerintah Filipina serta sebagai solidaritas sesama negara ASEAN.

Menurut rencana besok pagi akan diberangkatkan lagi pesawat TNI. Pesawat tersebut akan tinggal landas dari Halim Perdanakusuma Indonesia dengan membawa bantuan dan beberapa orang wartawan Indonesia. Adapun rute penerbangan yang ditempuh adalah Halim-Balikpapan-Manado-Cebu Filipina.

Sebelumnya, TNI telah mengirimkan 3 pesawat hercules untuk membawa bantuan berupa makanan siap saji, obat-obatan, pakaian, genset dan selimut untuk korban bencana Topan Haiyan yang berada di Filipina.

No comments: