Wednesday 26 February 2014

Gunung Marapi, Minangkabau, mengeluarkan abu vulkanik

Gunung Marapi di Sumatera Barat, 416 km dari Kuala Lumpur pada kedudukan selatan barat laut mengeluarkan abu vulkanik petang tadi. Jerebu dan berawan menghalang pemantauan arah abu tersebut. 

Gunung ini kerap mengeluarkan abu vulkanik sejak peningkatan aktiviti bermula pada 3 Ogos 2011.

Kawasan radius 3 km dari puncak Marapi telah ditutup kepada sebarang aktiviti. Bermula 3 Ogos 2011 gunung ini diletakkan di bawah status "waspada".




Jakarta - Gunung Marapi di Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mengeluarkan abu vulkanik sore tadi. Kabut dan cuaca berawan menghalangi pantauan arah abu tersebut.

"Sekitar pukul 16.15 WIB tadi, ketinggian dan arah abu tidak teramati karena kabut dan cuaca berawan," kata Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho kepada detikcom, Rabu (26/2/2014).

Gunung berapi setinggi 2.800 meter dari atas permukaan laut ini mengeluarkan abu selama 38 detik. Menurut Sutopo, aktivitas ini kerap dilakukan Marapi sejak dua tahun lalu namun sudah ditetapkan tak ada aktivitas dalam radius 3 km dari puncak gunung.

"Fenomena biasa karena sudah sering meletus sejak 3 Agustus 2011. Yang penting tidak ada aktivitas di radius 3 km dan sekitar situ memang tidak ada pemukiman," kata Sutopo.

Sutopo menyebutkan status Gunung Marapi saat ini adalah waspada atau level II. Pengawasan aktivitas Gunung Marapi terus dipantau hingga saat ini.

No comments: